Main di 3 Kompetisi, Persib Cari 3 Sponsor Utama

Selasa, 25 November 2014



VIVAbola – Seolah tak mau kalah dalam urusan buru memburu seperti yang dilakukan Pelatih Djadjang Nurdjaman dan Manajer Umuh Muchtar. Tim marketing Persib Bandung, kini tengah gencar memburu. Bedanya jika Umuh dan Djanur menawarkan uang demi mendapatkan pemain idaman, yang diburu tim marketing Persib sebaliknya yakni mencari uang.

Direktur Marketing dan Promosi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Muhammad Farhan, mengungkapkan, upaya perburuan sponsor baru untuk kompetisi musim depan harus sesegera mungkin dilakukan, sebab baru sponsor apparel League yang memastikan tetap bekerja sama.

“Sejauh ini baru League karena kontraknya memang tiga tahun. Sponsor Persib lainnya di musim 2014 saat ini masih dalam proses negosiasi ulang,” jelas Farhan kepada wartawan.

Terlebih setelah dilakukan rapat evaluasi dengan jajaran manajemen, petinggi PT PBB dan staf pelatih di Graha Persib, Minggu 23 November 2014, diperoleh angka estimasi jika kebutuhan anggaran klub musim depan bakal membengkak hingga 50 persen dibandingkan musim 2014.

Hal itu dikarenakan beberapa faktor. Pertama, kompetisi Indonesia Super League (ISL) akan kembali menggunakan format kompetisi penuh yang otomatis membuat jumlah pertandingan bakal jauh lebih banyak. Imbasnya, akomodasi tim pun bakal lebih besar karena akan kembali berkunjung ke wilayah di luar Pulau Jawa seperti Kalimantan dan Papua.

Kedua, bakal tampilnya Maung Bandung di kancah kompetisi AFC Cup 2014. Dan ketiga, ada kemungkinan musim depan PT Liga Indonesia bakal kembali menggulirkan Piala Indonesia yang sudah tiga musim terakhir tak diselenggarakan.

Untuk mendongkrak pemasokan dari sponsor, Farhan mengungkapkan pihaknya akan menerapkan strategi multilevel sponsorship. Di mana sponsor yang terpampang di kostum Persib di masing-masing kompetisi akan berbeda. Artinya Persib akan menawarkan diri sebagai tiga produk sekaligus, Persib ISL, Persib AFC Cup dan Persib Piala Indonesia.

“Musim depan kami akan terapkan strategi multilevel sponsorship, karena ini ada kaitannya dengan aturan sponsor yang berbeda di masing-masing kompetisi yang musim depan akan kita jalani. Di AFC Cup misalnya, ada pembatasan jumlah sponsor di jersey tim,” ungkap Farhan.

Farhan optimistis target mendongkrak pendapatan dari sponsorship dapat tercapai. Sebab, selain mayoritas sponsor lama kemungkinan bakal melanjutkan kontrak kerja sama. Beberapa sponsor baru, juga mulai melirik dan tertarik mendukung Persib.

Bahkan, Farhan mengklaim ada salah satu sponsor ‘kakap’ yang siap masuk menjalin kerja sama dengan Persib. “Mereka juga menjadi sponsor klub Borussia Dortmund. Belum bisa saya sebutkan, yang jelas kita sudah melakukan pertemuan awal dan mereka menyatakan tertarik. Insyaallah dalam waktu dekat akan kembali melakukan pertemuan dengan mereka di Jakarta,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PBB Glenn Sugita mengharapkan anak buahnya bisa memenuhi harapan meningkatkan target pendapatan dari sponsor hingga 50 persen.

“Saya juga sudah dapat laporan ada beberapa calon sponsor baru yang tertarik. Mudah-mudahan saja dapat ditingkatkan karena kebutuhan musim depan memang lebih besar. Anggaran untuk belanja pemain tetap yang paling besar, setelah itu kebutuhan akomodasi tim dan lain-lain,” terang orang nomor satu di Maung Bandung tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar